PENDEKATAN TERINTEGRASI DALAM PEMODELAN FASIES RESERVOIR D-10 STRUKTUR NKL, LAPANGAN SANGASANGA, CEKUNGAN KUTAI, INDONESIA

  • Ferdi Rizal Pertamina Hulu Indonesia Zona 9; Program Studi Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung
  • Dwiharso Nugroho
  • Prihadi Sumintadireja

Abstract

70% dari total produksi minyak saat ini di Struktur NKL berasal dari reservoir D-10 yang terletak di sayap (flank) bagian timur, utara Antiklinorium Samarinda. Namun demikian, pengembangan reservoir ini mempunyai kendala dalam pemodelan fasies karena kurangnya sumur yang menembus di area flank dan tidak berkorelasi dengan reservoir D-10 bagian punggungan (crestal). Adanya kompartemen ini, terlihat dari posisi reservoir minyak flank berada dibawah kontak minyak-air dari reservoir di crestal dan tren evolusi tekanan terlihat berbeda antara crestal dan flank. Hal utama dan menjadi tahap awal pemodelan fasies yaitu analisis lingkungan pengendapan. Penelitian ini melakukan pendekatan terbaru yaitu memanfaatkan dan mensintesiskan lima data yaitu analisis biostratigrafi dari beberapa jenis fosil, litofasies dari log tali kawat, besar butir batupasir dari data cutting, struktur sedimen dan paleocurrent dari data dipmeter serta salinitas reservoir. Hasil sintesis ini dijadikan dasar pembuatan model fasies untuk dikorelasikan ke sumur sekitar dengan menggunakan konsep cyclothem. Setelah itu, pembuatan tren fasies dari peta Net to Gross yang dikontrol oleh anomali atribut seismik dan rasio lebar channel terhadap netsand. Dengan pendekatan baru yang lebih komprehensif ini, terbukti dapat menjawab permasalahan pada distribusi fasies reservoir D-10 dan tentunya menjadi input dalam pemodelan reservoir 3D dan perhitungan volume hidrokarbon yang lebih realistis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-25
How to Cite
RIZAL, Ferdi; NUGROHO, Dwiharso; SUMINTADIREJA, Prihadi. PENDEKATAN TERINTEGRASI DALAM PEMODELAN FASIES RESERVOIR D-10 STRUKTUR NKL, LAPANGAN SANGASANGA, CEKUNGAN KUTAI, INDONESIA. Bulletin of Geology, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 1227-1237, oct. 2023. ISSN 2580-0752. Available at: <https://buletingeologi.com/index.php/buletin-geologi/article/view/298>. Date accessed: 28 may 2024.