ANALISIS SEKATAN DAN KARAKTERISTIK SESAR PADA FORMASI KUJUNG REEF DI KOMPLEKS LAPANGAN KE, CEKUNGAN JAWA TIMUR: IMPLIKASI TERHADAP MIGRASI HIDROKARBON

  • Sri Hartanto ITB
  • Benyamin Sapiie Institut Teknologi Bandung
  • Indra Gunawan Institut Teknologi Bandung
  • Bintoro Wibowo Pertamina Hulu Energi

Abstract

Pemodelan geologi bawah permukaan formasi Kujung Reef di area JS-1 ridge, saat ini hanya dikontrol oleh aspek stratigrafi dan penyederhanaan aspek struktur geologi dengan membuat seluruh sesar sebagai pembatas dari lapangan minyak dan gas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik sesar pada objektif Kujung Reef di area JS-1 ridge, dengan melakukan analisis pola dan daya sekat sesar untuk mengetahui pola penyebaran dan akumulasi hidrokarbon.
Analisis sekatan pada karbonat menggunakan metode Shale Gouge Ratio (SGR) (Yielding dkk., 1997) dihitung dengan dasar dua parameter utama yaitu throw sesar dan kandungan shale (vsh). Besar throw sesar didapat dari data seismik yang diikat dengan data sumur dan nilai vsh dihitung dari dua metode yaitu: single parameter (log Gamma Ray) dan dual parameter (log density dan neutron porosity) yang dikalibrasi dengan data multimineral. Hasil perhitungan menggunakan dua metode untuk vsh pada objektif memiliki pola yang serupa, dengan nilai vsh yang kecil yaitu 0-0.2, sehingga sesar-sesar pada area ini akan lebih di kontrol oleh juxtaposition antar reservoir dengan nilai SGR pada juxtaposition reservoir tidak lebih dari 16. Pada sesar yang berada pada area flank di sebelah tenggara JS-1 ridge berupa karbonat platform menghasilkan nilai SGR diatas 35, sehingga sesar ini menjadi penyekat yang baik.
Hasil akhir penelitian ini dapat menjawab pola migrasi hidrokarbon pada sesar di area JS-1 ridge berupa rekomendasi eksplorasi hidrokarbon, yaitu: 1) Area JS-1 ridge, hidrokarbon akan terakumulasi pada seluruh area tinggian di atas zona air regional, 2) Area barat laut JS-1 ridge, hidrokarbon akan terakumulasi pada reservoir yang lebih dangkal yang juxtapose dengan Kujung Reef dan 3) Area sebelah tenggara, hidrokarbon akan terakumulasi pada reservoir dibawah Kujung Reef yang berbatasan dengan sesar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-23
How to Cite
HARTANTO, Sri et al. ANALISIS SEKATAN DAN KARAKTERISTIK SESAR PADA FORMASI KUJUNG REEF DI KOMPLEKS LAPANGAN KE, CEKUNGAN JAWA TIMUR: IMPLIKASI TERHADAP MIGRASI HIDROKARBON. Bulletin of Geology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 134-148, mar. 2018. ISSN 2580-0752. Available at: <https://buletingeologi.com/index.php/buletin-geologi/article/view/4>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.5614/bull.geol.2018.2.1.1.