ESTIMASI KEDALAMAN LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING DI DESA SENGKUBANG, KECAMATAN MEMPAWAH HILIR, KABUPATEN MEMPAWAH, KALIMANTAN BARAT

  • Ika Rantika Program Studi Geofisika, Universitas Tanjungpura
  • Muhardi Muhardi Program Studi Geofisika, Universitas Tanjungpura http://orcid.org/0000-0001-5344-6426
  • Radhitya Perdhana Program Studi Geofisika, Universitas Tanjungpura

Abstract

Desa Sengkubang merupakan salah satu daerah di Kabupaten Mempawah mempunyai sumber air bersih yang berasal dari sumur galian dan air hujan. Permasalahan yang sering dihadapi dari pemanfaatan air tersebut adalah ketersediaannya yang masih sangat terbatas, sehingga diperlukan informasi tentang keberadaan air tanah pada lapisan akuifer yang lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sebaran nilai resistivitas bawah permukaan secara sounding dan mengestimasi kedalaman lapisan akuifer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode vertical electrical sounding, mengaplikasikan 4 titik pengukuran dengan bentangan masing-masing sebesar 500 m. Berdasarkan hasil pengukuran, diperoleh sebaran nilai resistivitas bawah permukaan di lokasi penelitian yaitu 1,62 Ωm – 2.249,77 Ωm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lapisan akuifer bebas (unconfined aquifer) diperkirakan berada pada kedalaman 0,3 m - 32 m sedangkan lapisan akuifer tertekan (confined aquifer) diperkirakan berada pada kedalaman 22 m - 54 m.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-28
How to Cite
RANTIKA, Ika; MUHARDI, Muhardi; PERDHANA, Radhitya. ESTIMASI KEDALAMAN LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING DI DESA SENGKUBANG, KECAMATAN MEMPAWAH HILIR, KABUPATEN MEMPAWAH, KALIMANTAN BARAT. Bulletin of Geology, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1130-1143, july 2023. ISSN 2580-0752. Available at: <https://buletingeologi.com/index.php/buletin-geologi/article/view/257>. Date accessed: 28 may 2024.