ANALISIS STRATIGRAFI SIKUEN INTERVAL PLIOSEN PADA LAPANGAN BUNYU TAPA, KALIMANTAN UTARA

  • Hari Fernandes Professional
  • Djuhaeni Djuhaeni

Abstract

Lapangan Bunyu Tapa merupakan salah satu lapangan yang aktif menghasilkan hidrokarbon pada Pulau Bunyu, Kalimantan Utara. Salah satu interval yang produktif menghasilkan hidrokarbon di Lapangan Bunyu Tapa adalah interval Pliosen yang setara dengan Formasi Tarakan. Belum adanya analisis stratigrafi sikuen serta analisis distribusi reservoir dari interval Pliosen di Lapangan Bunyu Tapa menjadi latar belakang dari penelitian ini.
Hasil analisis dan interpretasi menggunakan konsep stratigrafi sikuen menunjukan bahwa interval Pliosen di Lapangan Bunyu Tapa dapat dibagi menjadi lima paket sikuen. Secara umum batas sikuen pada Sikuen 1–3 menunjukan perubahan fasies secara drastis dari lower delta plain menjadi marsh. Sedangkan batas sikuen pada Sikuen 4-5 dicirikan dengan perubahan fasies secara drastis dari tidal sand flat menjadi marsh yang diikuti dengan fluvial channel.
Distribusi reservoir UT-6 (Sikuen-5) menunjukan lingkungan pengendapan upper delta plain sedangkan distribusi reservoir LT-3 (Sikuen-3) menunjukan lingkungan pengendapan lower delta plain. Perubahan fasies secara vertikal dan lateral yang drastis atau secara tiba-tiba menyebabkan reservoir pada Lapangan Bunyu Tapa tidak terdistribusi dengan baik atau bersifat isolated.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-23
How to Cite
FERNANDES, Hari; DJUHAENI, Djuhaeni. ANALISIS STRATIGRAFI SIKUEN INTERVAL PLIOSEN PADA LAPANGAN BUNYU TAPA, KALIMANTAN UTARA. Bulletin of Geology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 175-196, mar. 2018. ISSN 2580-0752. Available at: <https://buletingeologi.com/index.php/buletin-geologi/article/view/23>. Date accessed: 16 june 2024. doi: https://doi.org/10.5614/bull.geol.2018.2.1.4.