GEOMORFOLOGI SESAR AKTIF DI PULAU RUMBERPON, PAPUA

  • Astyka Pamumpuni
  • Benyamin Sapiie
  • Ipranta Ipranta
  • Imam Achmad Sadisun

Abstract

Morfologi di bagian Leher Burung, Papua didominasi oleh bentuk morfologi sesar naik dan lipatan. Morfologi yang menunjukkan lipatan ideal yang masih muda, bentukan antiform merepresentasikan antiklin. Namun demikian, data kegempaan di daerah Leher Burung, Papua menunjukkan banyaknya gempa dengan mekanisme sesar normal dan sesar mendatar.


 Observasi geomorfologi di lokasi Leher Burung, di Pulau Rumberpon dilakukan pada studi ini dengan menggunakan data DEM dengan resolusi 8m dari DEMNAS. Analisis geomorfologi ditekankan pada identifikasi sesar aktif. Data kegempaan yang berupa lokasi gempa (epicenter dan hipocenter), magnitudo, dan waktu kejadian didapatkan dari katalog kegempaan yang telah direlokasi. Mekanisme fokal gempa didapatkan dari katalog CMT. Data kegempaan digunakan untuk melihat hubungan data kegempaan dan hasil analisis geomorfologi.


 Hasil analisis geomorfologi menunjukkan adanya sesar normal yang aktif berkorelasi dengan arah jurus dari mekanisme fokal yang ada di area ini. Observasi menunjukkan adanya bukti-bukti sesar normal dengan arah jurus utara-selatan (N-S) dan timur laut-barat daya (NE-SW). Fitur-fitur geomorfologi yang terpetakan antara lain adalah laguna yang memanjang, lembah paralel, penampang topografi yang menunjukkan seri rangkaian sesar normal, gawir sesar, dan relay-ramp. Fitur geomorfologi yang ada menunjukkan adanya seri sesar normal aktif memiliki kemiringan ke barat dengan jurus ke utara-selatan sesuai dengan arah jurus dari mekanisme fokal kegempaan yang ada. Kesesuaian antara mekanisme fokal gempa dan bukti morfologi menunjukkan adanya sesar normal aktif di area Leher Burung, terutama di Pulau Rumberpon. Mekanisme pembentukan sesar di Pulau Rumberpon ini terkait erat dengan Sesar Yapen-Sorong dan adanya pembelokan ke kanan zona sesar tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-25
How to Cite
PAMUMPUNI, Astyka et al. GEOMORFOLOGI SESAR AKTIF DI PULAU RUMBERPON, PAPUA. Bulletin of Geology, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 892-900, june 2022. ISSN 2580-0752. Available at: <https://buletingeologi.com/index.php/buletin-geologi/article/view/226>. Date accessed: 27 july 2024.